Sulitnya Akses ke Sekolah, Pelajar ini Menumpang Kapal TNI Sebrangi Sungai

BARRU–Babinsa Koramil 1405-08/Ralla melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan untuk meringankan kesulitan masyarakat dengan membantu anak-anak yang hendak menyeberangi Sungai pesse agar dapat melaksanakan kegiatan belajar SMP dusun sikapa terus SDN dusun pesse bertempat di Dusun pesse Desa lempang, Kecamatan Tanete riaja, Kab. Barru, senin (06/3/2023).

Rintangan yang dialami para warga dan anak-anak untuk menggapai masa depan tak menjadi halangan demi menuntut ilmu pendidikan. Seperti yang dialami siswa-siswi SMP dusun sikapa terus SDN dusun pesse, mereka harus menyeberangi sungai untuk sampai di sekolah.

Melihat perjuangan para siswa-siswi penerus bangsa itu, personil Babinsa anggota Koramil 1405-08/ralla Serma H. A. Rahman Nur, S. Pd, membantu siswa-siswi tersebut menyeberangi sungai menggunakan perahu milik Kodim 1405/Parepare

Lettu Inf. Muh. Sumardin (Danramil 1405-08/Tanete Riaja) mengatakan, Babinsa yang bertugas di wilayah Desa lempang, pada saat jam berangkat maupun pulang sekolah, ikut membantu menyeberangkan anak-anak dengan perahu yang sudah siap

“Setiap hari anak-anak sekolah yang ingin menuntut ilmu, harus menyeberangi sungai dengan perahu atau sampan agar bisa sampai ke sekolah. Bila debit air tinggi dan arus sungai deras, dengan kondisi rakit yang sederhana tidak beranin untuk melewati sungai, karena dikhawatirkan sangat berbahaya bagi yang menaikinya, dan mengakibatkan kegiatan belajar mengajar terganggu dan bahkan harus di hentikan,” ungkap Danramil.

Selain siswa-siswi SMP dusun sikapa dan SDN dusun pesse, banyak juga dari di Desa lempang khususnya yang berada di sekitaran Dusun pesse, Desa lempang, Kecamatan Tanete riaja, Kab. Barru. yang menyeberangi sungai dengan menggunakan perahu yang telah disiapkan Kodim 1405/Parepare dengan waktu sekitar 5 Km dan dapat ditempuh dalan waktu sekitar 20 hingga 30 menit.