Operasi Bibir Sumbing Gratis, RSUD Majene Kerjasama Smile Train Indonesia

POINSEMBILAN.COM-MAJENE, Operasi Bibir Sumbing Gratis, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kabupaten Majene akan menggelar Operasi Bibir Sumbing dan operasi Sumbing Langit-langit, mulai besok 5 November 2021 hingga 6 November 2021 di RSUD Majene.

Kegiatan tersebut adalah yang kedua kalinya digelar RSUD Majene yang bekerja sama dengan yayasan Smile Train Indonesia.

Direktur RSUD Majene, Dr. Hj. Yupie Handayani, M.Kes, yang dihubungi mengungkapkan, untuk operasi bibir sumbing, mulai umur 3 bulan sampai tak terbatas. “Kalau untuk operasi langit-langit, mulai umur 15 bulan sampai dengan 15 tahun,” ungkapnya.

Dr. Yupie menjelaskan, kegiatan ini kerjasama RSUD Majene dengan yayasan smile train Indonesia. “Dimana smail train bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI),” ujarnya.

Smile train, menurut mantan Kepala Puskesmas Banggae I ini, adalah yayasan senyum sejahtera. “Ketuanya itu dari dokter bedah plastik rekonstruksi,” ujarnya.

Rencananya, kegiatan ini akan berlangsung dua hari yakni 5-6 november 2021.

Lebih jauh Dr. Yupie menjelaskan, RSUD Majene hanya menyiapkan tempat, perawat dan komsumsi. “Kami siapkan tempat kegiatan, ada juga petugas perawat OK, kemudian komsumsi sama ruang perawatan. Kalau untuk dokter spesialis bedah plastik dan dokter spesialis anastesinya, mereka yang datangkan, mereka punya tim,” ungkapnya.

Ketika disinggung apakah pasien yang sudah dioperasi bisa langsung pulang dan makan , Dr Yupie menjelaskan, Tergantung kondisi pasien. “Apakah memang bisa langsung makan, atau ada waktu rawatnya. Kalau operasi bibir sumbing biasanya tanpa rawat inap. Jadi tentu saja dia sudah bisa makan. Kalau operasi langit-langit, biasanya diinapkan dulu,” jelasnya. (Satriawan)