Aktivis Anti Pemerintah Usia 35 Tahun Terpilih jadi Presiden Chile Termuda

Gabriel Boric saat masih berstatus mahasiswa sepuluh tahun yang lalu, dia memimpin aksi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Chile. Saat ini usianya sudah 35 tahun. (foto : ist)

POINSEMBILAN.COM-CHILE, Gabriel Boric, seorang aktivis yang menjadi terkenal gara-gara sikapnya yang anti pemerintahan Chile, terpilih menjadi presiden Chile termuda, Rabu (22/12/2021).

Politikus sayap kiri itu berhasil mengungguli calon presiden lainnya, Jose Antonio Kast. Boric unggul 56 persen suara.

“Saya akan menjadi presiden semua orang Chile. Saya akan melakukan yang terbaik untuk mengatasi tantangan yang luar biasa ini,” ujarnya dikutip dari tempo.

Gabriel Boric berasal dari Punta Arenas, di ujung selatan Chile. Selama mahasiswa, ia memimpin Federasi Mahasiswa di Universitas Chile di Santiago. Dia menjadi terkenal karena memimpin protes pada tahun 2011 menuntut pendidikan yang lebih baik dan lebih murah.

Pada tahun 2014, masih berusia 20-an, ia telah bergabung dengan Kongres nasional sebagai legislator majelis rendah. Ia mewakili wilayah Magallanes yang luas dan jarang penduduknya di selatan.

Pada kampanye tahun ini, dia berjanji untuk mengubur model ekonomi neoliberal yang ditinggalkan oleh diktator Jenderal Augusto Pinochet 1973-1990, Ia juga akan menaikkan pajak pada orang-orang super kaya untuk memperluas layanan sosial, memerangi ketidaksetaraan dan meningkatkan perlindungan lingkungan. (ih)