Taklukkan Newcastle di Kandangnya 1-0, Liverpool Kokoh di Puncak Klasemen

Liverpool kokoh di puncak klasemen
Penjaga gawang Liverpool saat menghalau bola dari salah seorang penyerang Newcastle. (foto: reuters)

POINSEMBILAN.COM, Pekan ke-34, Liverpool sukses mendapatkan tiga poin dari markas Newcastle United, Sabtu (30/4/2022)..Tim asuhan Klopp itu sukses pecundangi Newcastle United di kandangnya dengan kedudukan 1-0. Tambahan tiga poin membuat the reds naik ke puncak klasemen sementara menggeser Manchester City.

Liverpool mencetak gol ketika pertandingan baru berjalan selama 19 menit. Permainan satu-dua dengan Diogo Jota membuat Naby Keita bisa melakukan penetrasi ke kotak penalti, dan melewati Martin Dubrava untuk menjebol gawang Newcastle. 1-0.

Newcastle berhasil menjebol gawang Liverpool yang dikawal Alisson Becker di menit ke-39. Miguel Almiron berhasil memanfaatkan asis dari Bruno Guimaraes. Sayang golnya dianulir karena Almiron sudah terjebak offside.

The Reds melepaskan sejumlah tembakan menjelang babak pertama usai, tapi gagal menghasilkan gol. Pertandingan berakhir dengan skor 1-0, Liverpool masih unggul dari Newcastle di St. James’ Park.

Pada babak Kedua, Liverpool menegaskan dominasinya terhadap sang tuan rumah, tetapi, mereka kesulitan memanfaatkan peluang-peluang yang tercipta.

Seperti pada menit ke-59. James Milner mengirimkan umpan kepada Diogo Jota yang berhasil dipotong Dubravka. Bola kemudian dipungut Andrew Robertson, yang kemudian melepaskan tembakan menggantung. Sayang masih terjangkau oleh sang kiper.

Sadio Mane melewatkan peluang emas empat menit berselang. Umpan dari Joe Gomez hanya perlu dibelokkan pemain asal Senegal itu ke gawang. Namun sepakannya justru membuat bola melebar dari sasaran.

Dua peluang, masing-masing di menit ke-72 dan 73, berhasil dimentahkan begitu saja oleh Dubravka. Mo Salah lebih dulu, disusul oleh Jota tak tak lama setelahnya. Tak satupun dari mereka bisa menaklukkan Dubravka.

Peluit panjang berbunyi tanpa ada gol lagi dari Liverpool dan Newcastle. Skor 1-0 bertahan, dan the Reds dinyatakan sebagai pemenang dari pertandingan ini.

Susunan Pemain
Newcastle United (4-3-3): Martin Dubravka; Emil Krafth (Jacob Murphy 85′), Fabian Schar (Jamaal Lascelles 61′), Dan Burn, Matt Targett; Joe Willock (Chris Wood 67′), Jonjo Shelvey, Bruno Guimaraes; Miguel Almiron, Joelinton, Allan Saint-Maximin.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Joe Gomez, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; James Milner (Thiago Alcantara 78′), Jordan Henderson (Fabinho 69′), Naby Keita; Diogo Jota, Sadio Mane (Mohamed Salah 69′), Luis Diaz. (bola/*)