Daerah  

Kadis Nakertrans Muna Apresiasi Rencana Pembangunan Pesantren Al-Birr

MUNA, Peningkatan SDM wilayah kabupaten Muna Sulawesi Tenggara terus digalakkan,termasuk rencana pembangunan Yayasan Yayasan Pendidikan Islam ( YAPIS) Pesantren Al Birr Muna.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Muna, Fajaruddin Wunanto ST, MSi melakukan kunjungan pribadi di lokasi YaPIS desa Lapadindi kecamatan Tongkuno, Sabtu, 3 September 2022.

Setelah meninjau lokasi, Kadis Nakertrans meyakini rencana pembangunan pesantren ini akan menjadi investasi mulia dalam pembinaan akhlak dan pengetahuan generasi muda yang didukung dengan lahan cukup luas.

” Saya apresiasi ketulusan pemilik lahan yang mewakafkan area ini untuk pembangunan pesantren. Memang tidak mudah merencanakan sebuah yayasan, karena membutuhkan manajemen, ikhtiar panjang penggurus, ketabahan,komunikasi berbagai pihak dan dana yang tidak sedikit.InsyAllah dengan keikhlasan pengurus Yapis Al Birr Muna, pesantren ini kelak bisa terwujud”, ucap Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia( IPSI) Muna tersebut.

Sementara itu, ketua YAPIS Al birr Muna, Jafriadin Jilu, S.PdI M.PdI, menyampaikan bahwa yayasan telah menerima SK Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) tahun 2019,sehingga ini menjadi penguatan semangat bagi pengurus.

” Walau membutuhkan waktu yang lama,insyAllah kami ihtiar secara perlahan agar kelak posantren bisa difungsikan,” pungkas ketua DPD Persatuan Islam ( PERSIS) kabupaten Buru- Maluku tersebut.

Salah satu warga desa Lapadindi, Laode Amdia menyampaikan harapan agar pembangunan pesantren berjalan tanpa hambatan sehingga ada wadah bagi generasi calon penghafal ( Hafiz Qur’an),ucapnya dengan yakin.

Aminuddin ( Kabiro Kabupaten Muna )