Banjir Bandang Desa Kalimbua Tapango, Basarnas Mamuju Berangkatkan Tim Rescue

POINSEMBILAN.COM-POLMAN, Pada hari Rabu tanggal 13 Januari 2020 pukul 20.45 Wita, Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Mamuju melalui petugas siaga menerima laporan dari Andi R Affandy Kepala BPBD Kab. Polewali Mandar, tentang musibah banjir bandang di Desa Kalimbua Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar.

Banjir bandang yang melanda Desa Kalimbua Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar terjadi pada pukul 17.00 Wita. Dari laporan awal yang diterima, diketahui tidak ada korban jiwa, 5 (lima) rumah warga rusak berat, jalan penghubung Desa Kalimbua dan Desa Kurra terputus serta hingga dilaporkan intensitas hujan masih tinggi.

Setelah menerima laporan tersebut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Mamuju Saidar Rahmanjaya, S.H.,M.A.P. memerintahkan 1 (satu) Tim Rescuey ang berjumlah 6 (enam) orang personil untuk menuju lokasi musibah guna mengantisipasij atuhnya korban jiwa, kali ini Tim Rescue yang diturnkan akan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Mamuju.

Dalam arahan saat pelaksanaan Breifieng, Saidar menegaskan pelaksananaan pemantauan dan pengamanan dalam musibah banjir bandang tersebut perlu dilaksanakan secara teliti dan penuh kehati-hatian. Hal ini berlaku untuk semua personil dan unsur yang berada dilapangan, karena segala sesuatu yang berkaitan dengan alam pasti dan akan sulit diprediksi. Disamping itu segala kegiatan dilaksanakan secara maksimal sesuai SOP yang ada, serta tetap mengedepankan standar protokol kesehatan Covid-19.

Selain itu personil yang melaksanakan kegiatan juga harus selalu melaksanakan koordinasi dan komunikasi kepada seluruh unsur potensi SAR yang berada di Lokasi kejadian.

Pada tanggal 13 Januari pukul 21.00 Wita, Tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Mamuju, berangkat menuju lokasi kejadian di Desa Kalimbua Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar, dengan Jarak tempuh 217 Km dengan radial 160┬░ arah selatan tenggaea, menggunakan 2 (dua) unit Rescue Car dan membawa peralatan, Peralatan Komunikasi dan Peralatan Pendukung lainnya. (Satriawan)