Iptek  

Inilah Spesifikasi Samsung Z Flip 4, Bisa Jadi “Mini Laptop”

Samsung Z Flip 4
Samsung Z Flip 4. (foto: samsung)

POINSEMBILAN.COM, Sebagai salah satu brand smartphone terkenal, Samsung memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Brand ini juga selalu memanjakan konsumennya dengan terus mengeluarkan produk-produk berkualitas. Salah satu produk terbaru yang baru diluncurkan pada Agustus lalu adalah Galaxy Z Flip 4. Bagaimana spesifikasi Samsung Z Flip 4 ini?

Spesifikasi Samsung Z Flip 4 Lengkap

Sebelum membeli Samsung Z Flip 4, Anda perlu mengetahui spesifikasi Samsung Z Flip 4 secara lengkap.

Samsung Galaxy Z Flip 4 ini hadir dengan desain yang mirip dengan pendahulunya. Smartphone lipat ini dibekali layar Dynamic AMOLED 2x 6,7 inci yang bisa dilipat menjadi dua bagian. Pada ponsel ini terdapat engsel dengan warna senada dengan warna ponsel yang bertuliskan merek Samsung.

Kamera

Resolusi layar smartphone ini yaitu Full HD+ dan disertai dukungan refresh rate layar 120 Hz. Selain itu, ponsel ini dibekali dengan layar kecil yang disebut cover screen dengan Super AMOLED 1,9 inci. Layar tersebut berfungsi untuk menampilkan notifikasi dan widget lainnya, terutama saat ponsel dilipat.

Selain itu, cover screen tersebut juga berfungsi untuk review saat pengguna memakai kamera ponsel. Pada smartphone ini terdapat kamera belakang ganda yang tersusun vertikal. Letak dari kamera belakang tersebut sejajar dengan cover screen. Resolusi kamera utama dari ponsel ini adalah 12 MP 9f/1.8) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2).

Selain itu, Samsung Galaxy Z Flip 4 ini dibekali teknologi mode malam bertajuk Nightography yang lebih terang dibandingkan ponsel pendahulunya. Sedangkan kamera depan dari ponsel ini ditempatkan pada lubang layar di bagian tengah atas dengan resolusi 10 MP (f/2.4).

Hardware dan Baterai

Smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang dikombinasikan dengan RAM LPDDR5 8 GB. Ada tiga varian memori internal yang ditawarkan, yaitu kapasitas 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Ketahanan dari baterai ini tidak perlu diragukan lagi. Smartphone ini menggunakan baterai dengan kapasitas 3.700 mAh. Kapasitas tersebut lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Pengisian baterai Galaxy Z Flip 4 ini juga didukung fast charging 25 watt via kabel atau nirkabel 15 watt.

Software

Samsung Galaxy Z Flip 4 menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dilengkapi dengan antarmuka (UI) One UI 4.1.1. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur tingkat ketahanan terhadap air dengan IP rating IPX8, konektivitas 5G, dan NFC.

Bagian layar dan cangkang dari smartphone ini menggunakan Armor Aluminium yang telah dilindungi dengan kaca pelindung Gorilla Glass Victus Plus, Flex Mode, Nightography, dan lainnya.

Warna dan Harga

Samsung Galaxy Z Flip 4 hadir dalam empat pilihan warna, yaitu Essential Graphite, Genderless Pink Gold, Bora Purple, dan Contemporary Blue. Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 13,9 juta untuk memori 128 GB, Rp 14,9 juta untuk memori 256 GB, dan Rp 16,9 juta untuk memori 512 GB.

Samsung Z Flip 4 Sebagai Laptop Mini

Salah satu fitur yang dimiliki smartphone ini, yaitu Flex Mode membuat layarnya bisa ditekuk dengan sudut kemiringan 75-115 derajat. Dengan begitu, smartphone ini seakan bisa tampil seperti “laptop mungil”. Selain itu, sebagian besar fitur dapat dioperasikan melalui touchpad. Spesifikasi Samsung Z Flip 4 lengkap tersebut bisa Anda nikmati dengan membelinya secara langsung melalui marketplace, seperti Blibli. Anda tidak perlu khawatir membeli samsung z flip 4 di Blibli karena marketplace ini memberikan jaminan terhadap barang Anda.