Dekranasda Toraja Utara Gelar Pelatihan ATBM Program Penyusunan, Penerapan dan Evaluasi Pembangunan Industri

POINSEMBILAN.COM-Toraja Utara- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Toraja Utara bekerjasama Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kab. Torut melaksanakan pelatihan tanggal 27 September – 6 Oktober (sepuluh hari) tentang Pelatihan Kerajinan Kain Tenun, Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) dibuka resmi oleh Wakil Ketua Dekranada Kabupaten Utara Damayanti B. Palimbong.

Kegiatan itu dipusatkan di ruang pola Kantor Lembang Sa’dan Andulan (29/09/2021,) dihadiri Kepala Lembang Sa’dan Andulan Frans Derik Mangiri’, para instruktur dan peserta pelatihan berjumlah sepuluh orang.Laporan panitia pelaksana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Kab. Torut Ir. Inrias Duma, M. Si yang juga sebagai Ketua Bidang Pelatihan di kepengurusan Dekranasda Kab. Toraja Utara.

“Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah DPA Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kabupaten Toraja Utara dalam program penyusunan, penerapan dan evaluasi rencana pembangunan industri Kabupaten/Kota”,” ujarnya.

Tujuan kegiatan adalah mendukung pelaku usaha dalam peningkatan dan pengembangan produk tenun khas Toraja, meningkatkan daya saing produk, membantu efektivitas dan efisiensi waktu dan tenaga pengrajin dalam memproduksi khas Tenun Toraja serta peserta berjumlah 10 orang dari Kelompok Tenun Andulan Jaya dengan menghadiri instruktur tenun pelatihan ATBM Arni Kurnia Sutera Sengkang. “Sumber dana yang digunakan dari berasal dari Dana Alokasin Umum (DAU) Kabupaten Toraja Utara Tahun Anggaran 2021 dan pelatihan akan digelar tanggal 27 September – 6 Oktober, diharapkan hadirnya kegiatan ini dapat mendukung pelaku usaha dalam meningkatkan produk tenun khas Toraja, meningkatkan daya saing kain tenun, meningkatkan efektifitas kerajinan dengan tujuan menciptakan percepatan pembuatan kain tenun”, jelas Inrias Duma.

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan, Wakil Ketua Dekranasda, Damayanti Batti Palimbong mengatakan hari ini kami berbagi tugas dengan Ketua Dekranasda Kab. Torut Ny. Agustina M. Bassang sehingga beliau tidak dapat hadir dan menitipkan salam untuk seluruh peserta yang hadir mengikuti pelatihan hari ini. “Dengan hadirnya pelatihan ini, diharap para pengrajin di kecamatan Sa’dan memiliki banyak kampung tenun dan lebih semarak, harapan dengan hadirnya pelatihan ini ibu-ibu yang akan mengikuti pelatihan dapat berkreasi dan ber inovatif menciptakan kain tenun yang bervariasi serta dalam pengerjaannya dilaksanakan secara efesiensi waktu yang singkat,” Kata Wakil Ketua Dekranasda Torut.

“Ilmu yang didapatkan bisa disebarkan bagi pengrajin tenun lainnya sekitar lingkup Kecamatan Sa’dan semoga dengan hadirnya pelatihan ini dapat memberikan dampak peningkatan ekonomi secara signifikan di tempat ini bagi masyarakat di Sa’dan Andulan dan sekitarnya”, harap Damayanti B. Palimbong sekaligus membuka kegiatan.

Senada yang diutarakan oleh, Wakil Ketua Dekranasda Kab. Toraja Utara, Kepala Lembang Sa’dan Andulan F.D Mangiri, SE mengatakan peserta diharap serius dan tekun mengikuti pelatihan ini. “Dalam proses awal pembuatan tenun harus benar dikerjakan secara seksama dan teliti sehingga menghasilkan output yang maksimal”, ucap Kalem Sa’dan Andulan.

Usai kegiatan dilanjutkan penandatanganan nota kesepahaman pinjam pakai barang milik Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kabupaten Toraja Utara berupa ATBM Sistem Injakan 1 paket, Alat Hani (biasa) 1 paket dan Alat Kelos 1 paket disusul foto bersama dengan peserta dan instruktur pelatihan. (adv)