Kompaknya Warga Malunda Padamkan Api, Berjejer Ratusan Orang Angkut Air laut di Ember

kebakaran malunda
Tangkapan layar video siaran langsung jamal host blur di facebook

MAJENE, Kekompakan diperlihatkan ratusan warga Malunda Kecamatan Malunda Kabupaten Majene, Sabtu (19/8/2023) pagi ini.

Betapa tidak, sebuah rumah dua lantai tak jauh dari pasar lama Malunda dan laut, terbakar.

Sementara mobil pemadam kebakaran yang diharapkan datang lokasinya cukup jauh, butuh waktu dua jam untuk sampai di titik kebakaran.

Namun, hal itu tak menjadi masalah bagi warga Malunda. Dengan membentuk formasi berjejer kiri kanan menuju sumber air laut di pantai Malunda, satu demi satu ember digeser dan diopor ke warga lain menuju titik kebakaran dan akhirnya ditumpahkan ke sumber api.

Tampak panjang jejeran warga Malunda sekira 200 meter sesuai jarak titik kebakaran ke pantai.

Menurut Jamal Host yang memvideokan peristiwa ini secara langsung di facebook, warga menggunakan air laut sebab sumur yang ada di sekitarnya airnya sudah surut sehingga warga berinisiatif menggunakan air laut.

Hal itu pula dilakukan, lanjut Jamal di videonya, karena mobil pemadam kebakaran jaraknya sangat jauh sekira 85 kilometer hingga butuh waktu dua jam untuk sampai ke lokasi.

Bukan cuma kekompakan warga berjejer angkut air laut, warga lainnya ada pula yang menyuguhkan kue dan air mineral untuk membantu warga yang ikut angkut air laut.

Karena kekompakan warga tersebut, api perlahan-lahan mulai bisa diatasi sambil menunggu mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi.

Hingga berita ini tayang, aktivitas warga berjejer angkut air laut masih terjadi dan api juga belum sepenuhnya padam. (*)