Cerita Rakyat Asal Mula Air Terjun Rorokuning

POINSEMBILAN.COM-NGANJUK, Konon ceritanya, Dewi Sekartaji dan Panji Asmorobangun menemani pelarian kakaknya yaitu Dewi Kilisuci yang menolak dipersunting seorang raja, dan memilih melarikan diri ke tengah hutan di lereng Gunung Wilis.

Sesampainya di tengah hutan, Dewi Sekartaji menderita sakit. Kemudian Dewi Kilisuci pergi mencari obat untuk adiknya tersebut. Namun dalam perjalanannya kembali, Dewi Kilisuci terperosok dan tidak berhasil bertemu dengan adiknya lagi.

Dewi Sekartaji yang sakit ditemani oleh Panji Asmorobangun. Selang beberapa saat Dewi Sekartaji sembuh dari sakitnya. Ketika hendak mencari kakaknya, Dewi Sekartaji dan Panji Asmorobangun tersesat di kawasan lereng Gunung Wilis sebelah timur, hingga mendekati Desa Bajulan.

Seperti halnya Dewi Kilisuci, Dewi Sekartaji dan Panji Asmorobangun ketika tersesat juga menemukan sebuah air terjun (grojogan) yang indah dengan ketinggian sekitar 4-5 meter.

Di tempat tersebut mereka tidak mendapat godaan. Akhirnya mereka menetap di tempat itu hingga akhir hayatnya. Air terjun yang konon pernah ditempati oleh Dewi Sekartaji dan Panji Asmorobangun tersebut terkenal dengan nama Air Terjun Roro Kuning. (sumber : kemendikbud)